You are here Home

Resensi Buku

Para Penakluk dalam Skenario Tuhan

Surel Cetak PDF

Resensi Buku The Great Arab Conquests (Hugh Kennedy)

Ruang Baca Koran Tempo | Edisi 27 Oktober 2008 | Oleh EH Kartanegara

Berbagai teka-teki peristiwa bersejarah berkerumuk dalam kepala seorang pendeta saleh, John Bar Penkaye, pada tahun 680-an, ketika mengerjakan ringkasan sejarah dunia di biaranya yang terpencil di tepi Sungai Tigris, di pegunungan yang kini disebut Turki Tenggara. “Bagaimana bisa orang-orang tanpa senjata, berkuda tanpa baju baja atau perisai, berhasil memenangkan pertempuran… dan meruntuhkan semangat kebanggaan diri orang-orang Persia?” tanya John seperti dikutip Hugh Kennedy dalam Pengantar buku yang aslinya berjudul The Great Arab Conquests, How the Spread of Islam Changed the World We Live In ini.

Selengkapnya...

Keluar dari Garis Kawan

Surel Cetak PDF

Resensi Buku Matinya Semangat Jihad (Ed Husain)

MajalahTempo | Edisi 08-14 September 2008 | Oleh Ihsan Ali-Fauzi *

 

Memoar seorang yang memutuskan keluar dari anggota jaringan Hizbut Tahrir di Inggris. Potret kecupetan berpikir.

PADA mulanya dia adalah pemuda kalem yang taat salat, mengaji, dan lembut tutur katanya kepada semua orang. Tapi, pada usia 16 tahun, ada sesuatu yang berubah: ia terlibat dalam jaringan Hizbut Tahrir di Inggris. Di matanya Islam juga ideologi yang harus mengatur semua soal, dari jenggot hingga boleh-tidaknya voting di parlemen.

Selengkapnya...

Revolusi Mesir di Cafe Karnak

Surel Cetak PDF

Resensi Buku Karnak Cafe (Najib Mahfudz)

Majalah Forum | Edisi 25-31 Agustus 2008 | Oleh Muhammad Husnil *

 

Era awal 70-an merupakan salah satu masa terburuk dalam sejarah bangsa Mesir. Sudah jatuh tertimpa tangga, demikian pepatah yang tepat untuk menggambarkan masyarakat Mesir kala itu.

Mesir seolah-olah jatuh setelah lepas dari revolusi 1952, ketika Gamal Abd Nasser dan Anwar Sadat memimpin Mesir secara otoriter dan despotik. Tak begitu lama usia revolusi, Mesir tertimpa tangga setelah kalah perang dengan Israel pada Juni 1967.

Selengkapnya...

Rindu Dendam Cinta Transgenik

Surel Cetak PDF

Resensi Buku Lanang (Yonathan Rahardjo)

Kompas Online | 20 Agustus 2008 | Oleh Ilenk Rembulan

 

Novel Lanang pemenang harapan II Sayembara Novel DKJ tahun 2006 ini, menceritakan salah satunya adalah penelitian dan pembuatan pakan ternak yang dihasilkan dengan rekayasa genetika atau yang disebut transgenik. Tema yang menarik yang digarap pengarangnya yang seorang dokter hewan, dengan beragam istilah ilmiah pada bidangnya ini, menambah wawasan tentang apa sebenarnya hasil penemuan transgenik itu sebenarnya, yang sekarang sebagian telah menjadikan buah bibir masyarakat tidak saja peternak maupun petani namun juga orang awam.

Selengkapnya...

Membangun Kedaulatan Rakyat

Surel Cetak PDF

Resensi Buku Rakyat Bangkit Bangun Martabat (Adi Sasono)

Bisnis Indonesia | Minggu, 03 Agustus 2008 | Oleh M. Sarwani *

 

Perjuangan Adi Sasono membela wong cilik tidak pernah surut. Lewat buku terbarunya Rakyat Bangkit Bangun Martabat, dia mengingatkan tentang perlunya perubahan sosial untuk mencapai kedaulatan rakyat. 

"Kini, yang diperlukan adalah perubahan sosial. Tentu saja, tidak akan ada perubahan sosial tanpa tindakan sosial. Sementara tindakan sosial tidak akan terwujud tanpa penyadaran. Penyadaran sosial inilah yang sesungguhnya menjadi tugas besar para pemimpin dan kaum terpelajar," kata Adi Sasono dalam pengantarnya di buku tersebut.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL