You are here Info Buku Inspirasi Dari Sepak Bola

Inspirasi Dari Sepak Bola

Surel Cetak PDF

Resensi buku Inspirasi Sukses dari Sepak Bola karya Iwel Sastra

Harian Nasional | Sabtu, 16 April 2016 | Muhammad Khambali


Saat ini dunia sepak bola tanah air sedang dilanda polemik. Padahal sebenarnya banyak hal dalam sepak bola yang dapat menjadi sumber pelajaran hidup. Bagi komedian Iwel Sastra, sepak bola dapat menjadi salah satu rujukan yang pantas menjadi inspirasi hidup, terutama jika kita penggemar sepak bola. Dalam bukunya yang berjudul Inspirasi Sukses dari Sepak Bola, Iwel mengulik sisi-sisi dari sepakbola yang menarik dan disajikan dengan cara jenaka.

“Ada beberapa hal dalam sepak bola yang bisa diadopsi dalam kehidupan dan sangat berguna terutama untuk karier dan bisnis,” begitu kata Iwel Sastra. Di antaranya yang bisa diadopsi itu adalah mengenai management tim, kemampuan individu, komunikasi, mental juara, dan lain sebagainya ( hal 135).

Misalnya dalam managemen tim sepak bola. Setiap menjelang kompetisi semua klub menentukan target mereka. Target masing-masing klub ini berbeda. Ada yang mempunyai target untuk menjuarai kompetisi. Ada yang memiliki target untuk tetap berada di papan tengah klasemen. Ada juga yang memiliki target tidak terlalu muluk yaitu, asal tidak terdegredasi ke divisi yang lebih rendah. Target yang berbeda-beda ini dipengaruhi beragam hal seperti keuangan klub.

Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya kita memiliki target. Target ini bisa terkait dengan mimpi yang ingin diwujudkan, objek yang ingin dimiliki atau waktu dalam mencapai sesuatu. Sepak bola mengajarkan kita bahwa dengan memiliki target, kehidupan kita bisa lebih terarah dan memiliki semangat dalam menjalaninya.

Kemenangan dalam pertandingan sepak bola bukanlah hasil kerja individu melainkan hasil kerjasama tim. Bagi Iwel, banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari dari pertandingan sepak bola terutama soal kerja tim. Pelatih yang super jago menerapkan strategi hebat, tidak akan ada artinya jika para pemain tidak bisa menerapkan strategi yang telah disusun oleh pelatih tersebut. Pemain depan yang super jago akan kesulitan mencetak gol jika tidak dibantu oleh pemain belakang maupun pemain tengah dengan operan bola.

Dalam permainan sepak bola, penting adanya kekompakan dan pembagian tugas antara pemain belakang, tengah dan depan. Sebuah klub bertabur pemain bintang akan mengalami kekalahan ketika tidak ada kekompakan dalam tim. Prinsip bekarja untuk kemenangan bersama dalam sepak bola tersebut juga sangat bisa diterapkan bersama rekan kantor, bisnis, bahkan berlaku dalam membina rumah tangga (hlm. 149).

Selanjutnya yang menurut Iwel dapat diambil dari sepak bola adalah disiplin. Iwel menceritakan kisah pesepakbola ternama, David Beckham. Tidak diragukan lagi, Beckham terkenal memiliki kemampuan tendangan bebas luar biasa. Untuk memiliki tendangan bebas melengkung, Beckham harus disiplin dan berlatih keras. “Saya melakukan latihan puluhan ribu, mungkin ratusan ribu kali tendangan bebas,” ungkap Beckham.

Sikap disiplin dalam sepak bola menurut Iwel bisa kita jadikan inspirasi dalam berkarier. Apapun pekerjaannya, sikap disiplin sangat penting. Iwel mengutarakan, “Apabila Anda bermimpi untuk sukses tetapi tidak mau dengan disiplin menjalankan prosesnya maka Anda hanya akan selalu menjadi pemimpi.” (hlm. 153)

Hal lain dalam sepak bola yang penting dipelajari adalah mental juara. Iwel mencontohkan sebuah pertandingan sepak bola antara Manchester United (MU) melawan Newcastle United.  MU sempat tertinggal tiga kali dalam pertandingan. Semangat pemain MU yang pantang menyerah membuat mereka berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-3. Sepak bola mengajarkan kita bahwa semangat pantang menyerah harus terus kita miliki dalam mencapai sesuatu.

Mental juara bukan sekadar untuk meraih sukses, melainkan juga sangat dibutuhkan dalam menyikapi kegagalan. Ketika memulai suatu usaha, kita memang harus berpikir positif dengan mensugestikan keberhasilan dalam usaha yang kita jalani. Namun kita juga harus menyiapkan mental dalam menghadapi kegagalan (hlm. 203).

Sebagai seorang komedian dan pakar motivasi, Iwel Sastra menulis buku ini dengan gaya bahasa ringan dan sentilan humor penuh tawa. Banyak anekdot-anekdot sepak bola dari sejarah, aturan, istilah, jersey, hingga potongan rambut pemain. Selebihnya dibalik itu kita akan menemukan pesan-pesan inspiratif-motivatif dari sepak bola untuk meraih sukses dalam hidup.