You are here Info Buku Kunci Sukses Bisnis App

Kunci Sukses Bisnis App

Surel Cetak PDF

Resensi buku How to Build a Billion Dollar App karya George Berkowski

Koran Sindo | Minggu, 09 Oktober 2016 | Al Mahfud


Dunia teknologi, terutama sektor mobile, mengalami perkembangan mencengangkan. Pada awal 2014, jumlah pengguna telepon mobile telah melebihi jumlah penduduk dunia hari ini; 7 miliar.

Sementara pengguna telepon pintar mencapai 1, 75 miliar di tahun yangsama.Menariknya,pada 2007, sekitar tujuh tahun sebelumnya, telepon pintar bahkan belum ada.

Lebih menakjubkan lagi, sektor mobile tumbuh begitu pesat hanya setahun kemudian, pada 2008,yangkemudianmeraup penghasil miliaran dolar. Kenyataan tersebut menggambarkan besarnya potensi bisnis pengembangan aplikasi. Fenomena merebaknya aplikasi (mobile) yang banyakmengubah cara hidup manusia tersebut menciptakan peluang bisnis terbesar dalam sejarah.

George Berkowski, seorang pengusaha di bidang teknologi, juga salah satu otak di balik kesuksesan taksi internasional lewat aplikasi Hailo, membedah rahasia di balik keberhasilan kelompok bisnis aplikasi yang telah meraup miliaran dolar tersebut lewat buku How To Build A BillionDollar App. Berbekal pengalaman diHailo dan pengamatan yang detail, Berkowski menggali hal-hal tersembunyi dari para anggota kelompok bisnis aplikasi seperti Instagram, Snapchat, Square, Uber, Angry Birds, dll.

Dengan menyuguhkan kisah dan data-data hasil riset, ia mengonstruksi pengetahuan, gambaran, analisis, peluang, dan kiat penting yang jarang didapat dari buku lain yang sejenis. Dari sana, pembaca akan mendapatkan apa yang diperlukan untuk menemukan, memulai, membangun, mengembangkan, danmeraih kesuksesan spektakuler miliaran dolar dari bisnis aplikasi mobile.

Sebagai pengetahuan awal, penulis mengeksplorasi penyebab teknologi bergerak cepat, dampaknyabagi kehidupan; secara sosial, kultural,maupunpsikologis. Tentang hal ini, penulis mengutip sebuah studi yang dilakukan Facebook yang selesai pada 2013 terhadap pengguna telepon pintar di Amerika Serikat. Mereka ditanya, ”Bagaimana perasaan Anda tentang aktivitas sosial dan komunikasi melalui telepon pintar”. Hasilnya, ada dua sentimen terkuat, yakni perasaan ”terkoneksi” dan ”senang”. Kedua hal inilah yang ditangkap para pengembang untuk menciptakan aplikasi bernilai miliaran dolar (hal. 39).

Kita juga diajak melihat lebih dalam gagasan yang membuahkan aplikasi miliaran dolar; kelahiran berbagai aplikasi mobile, seperti Square,WhatsApp, Snapchat. Penulis berkesimpulan, satu pendekatan penting untuk menyodorkan satu ide besar adalah dengan memahami apa yang semua orang suka melakukannya. Sebab, mengatasi masalah ”universal” bisa menciptakan peluang pasar yang jauh lebih besar ketimbang memecahkan satu masalah spesifik geografismasyarakat tertentu (hal. 58).

Setelah melihat peluang, kita dibimbing mulai membangun tim, memvalidasi ide, pasar, produk, sampai menarik investor dalamsatu rencana terukur. Menariknya, ulasandisuguhkan secara terperinci. Misalnya, tentang validasi ide, terutama dalam hal mengatasi krisis identitas terkait branding, ulasan diberikan runtut; mulai pemahaman pentingnya nama atau brand, berbagai faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memunculkan sebuah nama, sampai menyediakan berbagai layanan online yang bisa membantu kita mengatasi krisis identitas.

Jalan panjang

Sebelum terjun ke bisnis aplikasi mobile, ada hal yang harus disadari sejak awal bahwa ini merupakan perjalanan keras dan panjang. Aileen Lee, dalam Welcome to the Unicorn Club; Learning from Billion-Dollar Startups mengungkapkan bahwa jika kita ingin mencapai pelepasan seharga 1miliar dolar untuk startup jenis apa pun, itu butuh waktu rata-rata tujuh tahun.

Minimal, yang sudah terjadi di bawah dua tahun (Instagram dan Youtube) dan yang paling panjang 11 tahun (Pandora). ”Jalan ini tak pernah mulus. Kegigihan dan keyakinan pada visi jangka panjang perusahaan Anda adalah kunci jika Anda ingin sukses melewatinya,” tulis Berkowsky (hal. 86). Sebenarnya, tak ada satu pendekatan yang cocok untuk semua di dunia perusahaan mobile.

Namun, lewat buku ini penulismemetakan setiap tahapan secara rincipeluang, risiko, berbagai gambaran yang diharapkan membuat pembaca bisa memastikan fondasi yang diperlukan untuk membangun perusahaan besar bernilai miliaran dolar. Langkah tersebut terbagi lima tahap; masing-masing aplikasi jutaan dolar, aplikasi 10 juta dolar, app ratusan juta dolar, aplikasi 500 juta dolar, dan aplikasi miliaran dolar. Setiap tahapanmemiliki karakteristik tersendiri.

Wilayah bisnis mobile sangat luas. Berkowski juga mengungkap lima model bisnis yang bisa dikatakan sukses dan berhasil menuju angka miliaran dolar. Yaitu game, pasar/e-commerce, audiens konsumen/periklanan, perangkat lunak sebagai layanan (SAAS), dan enterprise. Kelimanya telah menghasilkan perusahaan internet atau aplikasi yang tumbuh pesat dan menghadirkan keuntungan yang kuat dan kukuh.