You are here Info Buku Belajar Kesuksesan dari Permainan Bola

Belajar Kesuksesan dari Permainan Bola

Surel Cetak PDF

Resensi Buku Inspirasi Sukses dari Sepak Bola Karya Iwel Sastra

Wasathon.com | Senin, 27 Februari 2017 | Al Mahfud

Sepak bola bisa dikatakan sebagai jenis olahraga paling populer di dunia. Jutaan orang mencintai olahraga ini. Banyak orang rela membayar tiket yang mahal demi menonton tim kesayangannya bertanding. Orang rela begadang semalam suntuk hanya untuk menonton bola di televisi. Namun, sepak bola tak hanya narasi tentang kepopuleran dan animo masyarakat yang besar. Sepak bola juga menyimpan folosofi dan inspirasi penting untuk meraih kesuksesan dalam hal apa pun. Seperti yang diulas Iwel Sastra dalam buku ini.

Komedian yang juga seorang motivator ini menarasikan sepak bola dari sudut pandang yang unik dan beragam. Dengan bahasa yang renyah dan cenderung jenaka, Iwel mengajak kita memandang dan memahami sepak bola secara lebih luas dan mendalam. Kegemaran pada sepak bola tak hanya terlihat dari keluasan pengetahuan penulis tentang sepak bola. Nuansa sepak bola juga terasa dari konsep sajian pembahasan buku yang terasa seperti dalam sebuah pertandingan sepak bola. Pembahasan dimulai dengan bab berjudul “Babak Pertama” , kemudian “Turun Minum”, “Babak Kedua”, “Perpanjangan Waktu”, sampai “Adu Penalti”.

Di awal, Iwel menarasikan sejarah, perkembangan, dan serba-serbi seputar sepak bola sebagai pengetahuan awal. Kita disuguhi pengetahuan tetang cikal-bakal munculnya olahraga sepak bola sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di China. Konon, semasa dinasti Han, orang sudah menggiring bola kulit serta menendangnya ke jaring kecil. Kemudian, pada tahun 1820-an, cikal bakal sepak bola modern mulai terlihat di sekolah umum di Inggris.

Kita juga disuguhi berbagai perkembangan penting tentang olahraga ini. Seperti peraturan baku dalam pertandingan bola yang baru dibuat pada tahun 1863. Salah satu aturan yang baru ditetapkan di tahun tersebut adalah offside. Aturan ini dibuat karena banyak pemain saat itu yang malas menggiring bola dan lebih senang menunggu bola di depan gawang lawan (hlm 11). Di samping itu, ada pula ulasan berbagai kompetisi bola bergengsi di dunia, bisnis sepak bola, gaji pemain bintang, pemain termahal, seputar jersey, fans club, budaya nonton bareng, sampai berbagai kontroversi yang pernah terjadi dalam sejarah sepak bola.

Setelah ulasan tersebut, kita sampai pada ulasan tentang inspirasi dari sepak bola. Di bagian ini, penulis mengajak kita melihat berbagai hal dalam sepak bola yang bisa dijadikan inspirasi atau diadopsi dalam kehidupan, terutama tentang kesuksesan karier dan bisnis. Penulis melihat, sepak bola memuat inspirasi tentang menejemen tim, kemampuan individu, komunikasi, mental juara, dan lain sebagainya. Kita mungkin sudah biasa mendengar motivasi-motivasi sukses semacam kerja keras, disiplin, bermimpi besar, dll.

Inspirasi sukses dari sepak bola tak sekadar berbicara hal-hal tersebut. Hal yang paling menonjol yang bisa dipelajari dari sepak bola adalah pentingnya kerja tim sekaligus kemampuan individu yang baik. Keduanya sama-sama penting dan sangat memengaruhi kualitas sebuah tim. Sebuah tim sepak bola akan kuat apabila setiap pemain memiliki kemampuan individu mumpuni, dan–dengan kemampuan tersebut, bisa bekerja sama secara tim untuk memenangkan pertandingan.

Penulis memberi contoh, pertandingan antara Real Madrid vs Valencia pada 5 Mei 2014, di mana kerja tim Real Madrid sedang tidak baik. Christiano Ronaldo kesal karena tak mendapat operan bola dari Alvaro Morata, padahal Ronaldo dalam kondisi babas. Morata malah melakukan tendangan langsung yang melambung jauh dari sasaran. Meskipun kemampuan individu Ronaldo baik, ia tetap butuh dukungan dari rekan yang lain (hlm 170). Kemampuan individu yang bagus tak membantu jika antar pemain tak ada kerja sama. Begitu juga dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang berisi karyawan-karyawan dengan kemampuan terbaik di bidang masing-masing dan bekerja sama dalam satu tujuan untuk memajukan perusahaan.

Buku ini menyajikan ulasan tentang sepak bola dengan ringan dan menghibur, namun tetap berisi karena sarat dengan inspirasi dan motivasi kesuksesan. Sepak bola memang tak sekadar perebutan dua kesebelasan untuk menendang bola ke gawang dan mencetak gol paling banyak. Lebih dari itu, dalam membangun tim, latihan, menjalani pertandingan, dan kompetisi, tersimpan hal-hal berharga yang sangat inspiratif untuk dipelajari bersama dan dijadikan pelajaran dalam meniti jalan kesuksesan.