You are here Info Buku Resensi Buku

Resensi Buku

Pergolakan di Tengah Kesenyapan

Surel Cetak PDF
Judul Buku : Burung Camar dari Kabul
Penulis       : Yasmina Khadra
Penerbit     : Pustaka Alvabet, 2006
Tebal         : 230 hlm

Burung Camar dari Kabul adalah sebuah novel elegi yang menakjubkan tentang perjuangan empat orang anak manusia dalam mempertahankan kemanusiaan mereka di suatu tempat, di mana kesenangan dianggap sebagai dosa yang mematikan. Penulis novel ini menggunakan nama samaran. Dalam otobiografinya L'Ecrivain (Sang Penulis) yang terbit pada 2001 terungkap bahwa nama asli Yasmina Khadra adalah Mohamed Moulessehoul.

Selengkapnya...

Menguak Kapitalisme Indonesia

Surel Cetak PDF

Oleh: Zul Fadli

Kebebasan, Negara, Pembangunan, Arif Budiman, Pustaka Avabet dan Freedom Institute, Agustus 2006, 446 halaman.

Pada 1980-an ilmu sosial menjadi perdebatan yang menarik bagi kalangan elite intelektual di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi kecenderungan untuk mempraktikkan ilmu-ilmu sosial yang bersifat universal. Di satu sisi sebagian kalangan berpandangan bahwa ilmu-ilmu sosial bersifat universal sehingga bisa diterapkan dalam setiap lini kehidupan manusia, tanpa mengenal batas budaya, bangsa, dan etnis tertentu.

 

Selengkapnya...

Sebuah Kesaksian Klan Bin Laden

Surel Cetak PDF
INSIDE THE KINGDOM, KISAH HIDUPKU DI ARAB SAUDI
Penulis: Carmen bin Ladin
Penerbit: Pustaka Alvabet, Jakarta, September 2006, x + 257 halaman

Menyandang juluk Bin Laden di belakang nama bisa menjadi berkah sekaligus sumber petaka. Berkah, karena nama itu identik dengan kemakmuran yang hampir tiada batas. Sumber petaka, karena seorang anggota keluarga itu, Osama, kemudian dicap sebagai biangnya teroris paling dicari Amerika (dalam buku ini, Carmen memakai nama "Bin Ladin" untuk keluarga kecilnya dan "Bin Laden" untuk klannya).

Selengkapnya...

Kesaksian Kejahatan atas Nama Kehormatan

Surel Cetak PDF

Oleh Nur Mursidi

Image "SAAT itu, usiaku sudah lebih tua dari usia kakakku Noura saat ia menikah. Usiaku delapan belas tahun, atau mungkin saja lebih, aku tak tahu dan aku berharap sekaligus berputus asa. Kenangan menguap bersama asap di hari api melahap tubuhku, tetapi aku mencoba membangun kembali apa yang terjadi," demikianlah kesaksian Souad (nama samaran) dalam novel Burned Alive, terkait pembunuhan dirinya atas nama kehormatan keluarga.

Selengkapnya...

Pemikiran Kritis Arief Budiman

Surel Cetak PDF

Masalah-masalah kebebasan, negara dan pembangunan, adalah tiga tema besar yang banyak dikaji Arief Budiman dalam esei-eseinya yang tersebar di berbagai media massa. Dengan tema besar itu, intelektual tersebut merambah ke persoalan politik, sosial, ekonomi, seni dan budaya. Dengan tema-tema itu pula ia tumbuh dan dikenal sebagai pemikir interdisipliner, dengan pandangan-pandangan yang kritis dan tajam.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL